Miss

 https://images.unsplash.com/photo-1608022322983-24d8f1a436cf?ixid=MnwxMjA3fDB8MHxwaG90by1wYWdlfHx8fGVufDB8fHx8&ixlib=rb-1.2.1&auto=format&fit=crop&w=2069&q=80

Untuk yang kedua kali, atau yang pertama kali ya? Kalau dihitung sejak awal semester, kurang tahu sih. Tetapi kalau semester 5 ini, berarti untuk pertama kalinya. Aku miss pengumpulan tugas mata kuliah Temu Kembali Informasi yang diampu oleh Ibu Marwi dan Ibu Azka. Masih melalui pembelajaran daring, sehingga pengumpulannya pasti kepada database UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, situs resmi daringnya (daring.uin-suka.ac.id).

To be honnest, this is now my first time I'm doing missed attending an assignment. Ketika semester kemarin, atau mungkin semester 3? Mata kuliah Pancasila, aku pernah terlambat mengumpulkan tugas. Atau malah bisa aku bilang, aku dengan sengaja emang ndak mengumpulkan. Disamping karena alasan klise, sisanya malas. Ya itu aja. Tetapi beruntung sebegitu untungnya aku, Bapak dosen meng-absen para mahasiswa, murid-muridnya siapa yang nilainya miss. Ternyata aku termasuk.


Yang ini... ndak tahu. Semoga aja aku mendapatkan kesempatan untuk itu. Maksudnya mengumpulkan garapanku.


Tugasnya berkaitan dengan bahasa dan penelusuran. Untuk kawan-kawan seperjuangan ilmu perpustakaan mungkin bakal tahu apa sih itu tugas bagaimana. Objektif kompetensinya menurutku adalah aku/mahasiswa dapat membedakan dan mengetahui apa itu kosa kata terkendali dengan bahasa alamiah yang umumnya dipake oleh orang-orang. Mengingat ini cakupannya mata kuliah 'Temu Kembali Informasi' maka bahasannya berkaitan dengan hal-hal 'temu kembali' informasi tersebut. Maka dari itu.

Aku jujur, sudah mengerjakan. Tetapi entah kenapa kok nggak segera aku kumpulkan. Ceroboh banget akunya hehe. Room sudah dibuka pada pukul 11 pagi, tetapi tak kunjung dikumpulkan sampai akhirnya tenggat akhir pada jam 17.30 Kondisi bangun tidur setelah ketiduran siangnya, tengah-tengah melaksanakan shalat Ashar (yang sudah mepet itu) teringat ada tanggungan mengirim tugas 'Temu Kembali Informasi'.


And, I'm feel hestitate when I'm going to check the website. Karena kondisi jam di hape sudah menunjukkan pukul 17.33 sudah kelewat tiga detik. Namanya sistem, kalau sudah terlewat batas variabel atau ketentuan yang sudah ditentukan, ya sudah. Miss. Berbeda kalau model Google Classroom. —ini menggunakan e-learning atau sistem daring yang di-supervisor-i dari pihak kampus sendiri.

Kondisi room masih ada, aku search/cari ternyata masih ada. Tetapi ketika aku hendak mengumpulkan ternyata muncul pop up window yang memberitahukan bahwa sudah terlewat batas waktu pengiriman. Artinya MISSED!


Aku nyaris depresi, karena kecerobohan yang aku lakukan sendiri. Bahkan aku sudah menyiapkan dua file dan backup di database Notion untuk mencegah ketika ada kondisi di mana aku tidak bisa membuka laptop. Setidaknya aku masih bisa membuka smartphone atau hape dan mengakses internet. Kemudian mengunduh file .docx berisikan jawaban yang sudah aku buat dan rancang pikirkan selama 3 hari sebelumnya. —bahkan aku sempat berdiskusi bareng temen di Discord untuk membahas tentang mekanisme tugas tersebut. Eh malah aku yang membantu menjelaskan, ternyata tidak mengumpulkan.

Berawal dari menanti, menunggu-nunggu atau menunda-nunda. Seharusnya aku langsung mengumpulkannya. Tetapi kenapa kok malah nanti-nanti, kalau ada waktu senggang maka segera lakukan.


Seperti biasa, iamshidqi.

Hubungi aku melalui media sosial untuk kolaborasi, kritik, saran atau sharing curhat nan sambat masalah hidup dan perkuliahan.

CONVERSATION

0 komentar: