Kambing— bukan, maksudku Ganyu pulang!


Widih… akhirnya!

Salah satu karakter yang aku nanti-nanti, sampai puasa skip banner-nya Xiao & Shenhe kemudian melewati 50/50 akhirnya salah satu antek-anteknya Rex Lapis yang termasuk adeptus join party. Bagaimana perjuangannya menjemput Ganyu dengan probabilitas yang tidak menentu? Walau ada mekanisme rate on, tetap saja namanya gacha masih mengandalkan probabilitas kemungkinan.

Jauh sebelum itu, aku memiliki alasan khusus kenapa fokus menarik ‘pull’ karakter Ganyu di bannernya. Padahal banner Ganyu itu muncul bersamaan dengan Rex Lapi— Zhongli. Banyak para traveller yang ingin dapat pak Zhongli karena salah satu skillnya begitu fleksibel dan dibutuhkan di berbagai tempat dan situasi. Apalagi kalau bukan Shield-nya. Terlepas dari semua benefit akan karakter Zhongli, aku tetap fokus mengkonversikan primogems menjadi intertwined fate dan ‘menghamburkan’-nya di banner Ganyu.

Alasannya adalah;

Satu. Ganyu merupakan karakter pengguna busur-panah ‘Bow’. Karena aku bermain Genshin Impact di laptop, menggunakan busur-panah ‘Bow’ ketika mengincar (aim) rasanya enjoy sekali dibandingkan melalui ponsel. Tidak main di ponsel karena ndak kuat.

Dua. Gaya bertarung Ganyu yang terkesan ‘santai’. Karena tidak suka keroyokan, main rusuh ataupun spam skill sana-sini lalu ganti karakter (switch) untuk memicu reaksi elemental. Banyak para pemain Ganyu yang ketika main bareng, apalagi pas melawan weekly boss contohnya Azdaha. Cara bertarungnya rata-rata adalah diam di pinggir (agak menjauh dari medan pertarungan) lalu menembak dari jauh. Artinya Ganyu tidak terjun langsung berdekatan dengan musuh. Berbeda dengan karakter pedang ataupun claymore (Great Sword), atau malah Catalyst. Kebanyakan dari mereka harus terjun berdekatan langsung dengan musuh untuk gebuk-menggebuk, spam skill, ulti, dan seterusnya. Sedangkan Ganyu tidak. Dengan kata lain, saya ingin bermain ‘santai’. Wkwkwk. Karena sering mati, kalau one by one dekat dengan boss.

Tiga. Suara Ganyu pada versi Jepang diisi oleh Reina Ueda yang sama mengisi suara pada karakter di game lain yang aku mainkan juga. Yakni Arknights, Poca (Rosa). Tone suara kedua karakter ini juga mirip, yakni tipis namun nge-bass menurutku. Poca (Rosa) di Arknights kebetulan sudah aku dapat melalui head hunting (gacha), maka versi Genshin Impactnya… kenapa tidak sekalian? Wkwkw.

Empat. Dari dulu suka dengan skill serangnya Ganyu. Terkenal dengan charge attack-nya yang menitik beratkan damage yang besar kepada lawan. Sehingga charge attack inilah yang menjadi alasan kenapa Ganyu banyak dicari di pasaran akun. Pernah aku mendengar pendapat dari sesepuh traveller mengatakan bahwa, akun Genshin Impact yang dijual dengan value tertinggi adalah yang ada karakter Ganyu dalam party-nya. Walaupun aku tidak ada niatan menjual akun sama sekali, namun dari sini aku bisa menilai bahwa si kambi— Ganyu ini cukup atau malah worth it untuk ditarik ‘pull’.

Setelah memaparkan empat alasan utama kenapa lebih memilih untuk fokus pull pada banner Ganyu dibandingkan Zhongli, selanjutnya adalah bagaimana proses perjuangannya. Ini berarti mengandung keluh-kesah dalam menguli atau farm atau mengumpulkan primogems yang untuk mendapatkan 10 biji atau 20, susahnya ya Allah Gusti.

Mekanisme gacha dalam Genshin Impact, menggunakan currency khusus yang disebut intertwined fate. Tentunya item tersebut berjumlah unit, tidak beribu-ribu seperi mata uang ataupun sigil. Sehingga untuk mendapatkan satu unit harus mengkonversi currency yang lain. Bisa melalui masterless starglitter ataupun primogems. Ya variasi, tergantung event dan jumlah unit yang tersisa (bila melakukan barter dengan masterless stardust ataupun glitter). Bila unit interwined fate sudah habis maka masih ada cara lagi untuk dapat mengkonversi currency menjadi satu buah unit interwined fate. Yakni konversi melalui primogems yang sudah dipaparkan tadi.

Penjelasan singkat tentang primogems, adalah sistem mata uang yang digunakan secara khusus. Berbeda dengan Mora, Primogems hanya bisa digunakan untuk membeli item untuk menarik karakter ‘pull’ atau mengisi resin (kalau dalam game, ibarat stamina yang akan terkuras ketika melawan boss).

Dari konversi primogems, maka intertwined fate-pun didapatkan. Jumlah primogems yang diperlukan untuk dapat membeli satu unit intertwined fate adalah 160. Sedangkan aku sudah menghabiskan 77+ intertwined fate berapa jumlah primogems yang sudah aku hamburkan?

Untuk mendapatkan primogems, ada banyak cara. Namun kalau pemain sudah mencapai akhir cerita, semua quest, event sudah diselesaikan rasanya menderita. Tetapi tetap masih harapan untuk dapat mengumpulkan ‘menabung’ primogems. Yakni dengan menyelesaikan quest harian, maupun2 event (untungnya pihak developer sering mengadakan event yang berujung hadiah primogems). Selain itu, ya masih ada cara lagi. Yakni dengan menggesek kartu atm anda, —dan aku masih mikir berkali-kali untuk itu.

Proses menabung primogems (sebagian menyebutnya ‘nguli’) itu cukup panjang dan terkadang menyulitkan. Karena salah satu cara untuk mendapatkan primogems adalah menyelesaikan event ataupun quest yang tersebar di seluruh Teyvat (nama dunia di Genshin Impact), —dan quest tersebut gampang-gampang susah. Sehingga jarang sekali aku menyelesaikan quest tanpa membuka tutorial di internet sama sekali. Apalagi ketika proses mengumpulkan geoculus, lalu membuka 9 pilar, dan sebagainya.

Pada dasarnya menabung primogems dapat dilakukan dengan mengandalkan cara menyelesaikan event/quest dunia yang tersisa (belum dikerjakan). Dan itu membutuhkan waktu. Apalagi ketika hendak menyelesaikan salah satu quest, namun lawan musuh terlalu kuat. Maka harus menaikkan level karakter dan membangun ‘build’-nya dengan baik. Dan proses build tersebut juga memakan waktu, sekitar 1-3 hari bila fokus bermain untuk membangun karakter tersebut.

Berikut tugas apa saja yang sudah aku selesaikan, demi mendapatkan secercah-sejumlah-sebiji primogems:

  1. Mengumpulkan semua Geoculus yang tersebar di wilayah Liyue (Anemoculus sudah dapat semua, ketika bannernya Eula)
  2. Menyelesaikan quest dunia yang tersebar di wilayah Liyue (daerah Mondstadt sudah selesai, kayaknya)
  3. Menyelesaikan event hangout (tinggal menyisakan beberapa karakter)
  4. Menyelesaikan tugas-tugas yang tertera pada buku petualangan ‘Adventurer book
  5. Menyelesaikan event yang aktif
  6. Dan… masih banyak lagi.

Aku yakin, semua tugas-tugas tersebut mengerjakannya tidak langsung satu hari selesai sekaligus. Melainkan berkala, yakni semisal hari ini mengerjakan event hangout kemudian esoknya fokus mengerjakan komisi harian atau bulanan. Dan seterusnya. Sudah kayak mengerjakan tugas-tugas perkuliahan yang ada tenggatnya. Demi kambi— Ganyu, wkwkw.

Plus, semua tugas di atas. Aku baru semangat untuk ngebut dan niat untuk fokus dikerjakan setelah melewati fase 50-60. Apa itu? Kapan-kapan aku jelaskan. Dan aku perjelas lagi, semua tugas di atas total primogems yang didapat berkisar 3500+ ya sekitaran segitu. Bila dibagi 160, maka hasilnya bisa mendapatkan berapa unit intertwined fate?

3500 / 160 = 21,875…

Jawabannya adalah 21 unit, yang berarti 21 tarikan ‘pull’.

Perlu diketahui bahwa 50 sisanya adalah hasil menabung selama satu bulan lebih sepertinya. Jadi bisa dibayangkan, aku mempersiapkan tabungan primogems tersebut semenjak banner karakter Eula yang kedua (re-run).

Selama ‘puasa’ tidak menarik (pull) di semua banner, aku mengandalkan misi harian, tugas quest maupun event yang sudah aku paparkan tadi. Dengan total tarikan sejumlah 70+ akhirnya didapatkan. Namun kalau aku membeli langganan blessing bulanan (monthly), ceritanya beda lagi. Pernyataan dari traveller yang biasa membeli blessing, rata-rata sebulan bisa mendapatkan 30-40 tarikan. Hanya mengandalkan komisi harian, karena mereka yang melanggan blessing per-login mendapatkan sejumlah primogems, walaupun tidak sedikit namun kalau ditotal selama 30 hari bisa dibayangkan. Karena bagi kalangan pemain Genshin Impact, 10 primogems itu benar-benar berharga.

Entri berikutnya, mungkin aku akan melanjutkan tulisan ini dengan judul yang berbeda. Yakni Ganyu experience. Wkwk, pengalaman bermain gaya archer panah-memanah. Sampai jumpa di entri selanjutnya!

CONVERSATION

0 komentar: