Pekan Pertama S5


Hey hey... bagaimana kabarnya? 

Sudah pusing menjalani perkuliahan kembali setelah libur hampir dua bulan? 

Kepikiran tiap malam?

Berover-thinking? 

Atau mungkin kecapekan? 

Or ... sambat mengeluh yang infinity? 

Ya itu semua sama, aku merasakan itu. Untuk saat ini juga.


Semester 5 secara resmi sudah berjalan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, secara daring. Aku tidak tahu sampai kapan, tapi apapun itu-- We must survive no matter what. Sudah tidak mungkin rasanya untuk mundur ke belakang sedangkan ini sudah setengah jalan. Maksudku semester 5 itu menurutku sudah setengah jalan, ibarat perang ... ini masih ronde pertengahan. Belum sampai final/boss. Jadi persiapkan diri, apapun yang terjadi objektif yang tersisa harus tetap bertahan hidup, survive!

Mata kuliah semester 5 ini, seru-seru-anjay wkwk. Aku bisa berkata seperti itu, karena warna-warni seperti biasanya. Hanya saja tingkat kesulitannya sudah melonjak berbeda jauh dengan semester sebelumnya. Kalau aku buat skala likert maka:

Semester 1: Mudah

Semester 2: Mudah banget

Semester 3: Cukup mudah

Semester 4: Cukup mudah

Semester 5: Susah

Semester 6: Susah sekali banget

Semester 7: Beyond susah :v



Belum dijalani kok sudah bilang susah? Tak kenal maka tak susah. 

Bukan begitu maksudnya, tetapi ini perkiraan aja. Bukan berarti perkiraan yang ditorehkan 'susah' tersebut itu menjadi ketakutan. Melainkan menjadi kisi-kisi atau materi, ibarat mau perang toh pasti tahu musuhnya bagaimana dan apa resiko bila nekat maju bukan? Jadi statemen bahwa semester 5 keatas itu langsung susah-susah-banget itu menjadi kisi-kisi & persiapan. Supaya nanti ketika semester kedepannya sudah tahu, "Oh bener. Susah banget wkwk." Supaya tidak kaget.

Dan ... persiapan juga.



Anyway, semester 5 ini aku sudah diperbolehkan untuk mengambil mata kuliah pilihan. 

Tetapi kebetulan angkatanku sekalian, tidak mengisi KRS. Melainkan petugas yang mengisikan (untuk mata kuliah wajib). Bagaimana dengan mata kuliah tambahan? Kepala prodi menginstruksikan untuk mendata bagi yang ingin nambah kelas/mata kuliah tambahan. Supaya nanti sekalian di-inputkan.

Kemudian, apa yang aku ambil hanya satu mata kuliah tambahan. Yakni perpustakaan Inklusif. Hal ini terdorong karena kemauan aku sendiri dan sadar diri bahwa aku adalah seorang relawan, seorang note-taker yang mana seharusnya bisa menyempatkan waktunya untuk membantu teman-teman difabel ketika menjalani perkuliahan. Terlebih aku memiliki teman, dan aku bersyukur sekali akhirnya aku bisa mengenal dunia inklusif pelan-pelan.

Semester 5 ini, anjay. Dilema tiap hari, apalagi rasa ketakutan yang terkadang menjalar tanpa henti tetapi berhenti tiba-tiba dan kembali kumat tidak diundang. Anexiety bisa kumat kapan saja dan di mana saja. Aku pernah kewalahan hingga akhirnya dirundung mental breakdown. Untungnya aku bisa mengalihkan sesuatu untuk tetap bisa stand still even being stressed sometimes. Karena mengingat ini baru kuliah, masih semester 5 juga. Belum nanti ketika skripsi, kkn, apalagi nanti dalam dunia kerja yang benar-benar itu ibarat gerbang dimulainya kehidupan nyata 'yang sebenarnya'.

Kuliah? Gitu-gitu aja. Maksudku, ya gitu-gitu aja emang. Masuk, kelas, tugas, semester, uts, uas, diskusi, kelompok. Spin role-rolenya itu-itu aja. Tetapi nanti setelah lulus aka graduate, dari situ lulus yang ... "Nggak tahu habis itu mau ngapain." Antara melanjutkan S2 atau kerja, sedangkan nanti akan berhadapan dengan masalah ekonomi dan sebagainya.


...

Tapi asli, semester 5 ini benar-benar kontras dengan semester sebelumnya menurutku. Karena 1-4 itu masih main-main, ya semester 5 masih main-main dan latihan tetapi semua yang dipelajari ini seperti ada gambaran atau isyarat secara tidak langsung bahwa kita/aku harus mempersiapkan untuk masa-masa terakhir menjadi mahasiswa. Ditambah lagi aku yang kebetulan terkena re-grouping kelas yang memberikan benefit hikmah masuk ke kelas internasional. Tantangan menjadi plus-plus dan ... anjay mabar.

Overall, I still can handle it right now. So, I'll catch you up later.


Btw, aku sedang mengerjakan translation project berkaitan dengan perkuliahan. Dm me, (Ravelfilecdq#5293) via Discord untuk ikut berkontribusi.

CONVERSATION

0 komentar: