Welcome S5


Selamat datang semester 5, aku harus menyambutnya dengan gembira. Sebentar lagi, sebentar lagi lulus masuk kuliah dan blog ini akan kembali diisi dengan curahan hati seorang mahasiswa nolep halu. Menghadapi semester 5 ini nanti, belum ada yang ingin aku sampaikan. Hanya harapannya adalah semoga tetap bisa produktif meskipun dalam kondisi daring sekalipun.

Mau daring ataupun luring, produktif menulis tetap harus jalan! Apapun itu. Entah itu menulis di Blog, Twitter, Telegram, Discord, Keep sampai Obsidian sekalipun yang sifatnya offline dan privat. —Oh iya, aku belakangan ini selama liburan sempat berkenalan dengan aplikasi baru yang mungkin akan menjadi pengganti dari OneNote. Aku akan memperkenalkan si Obsidian otak kedua ini di post nanti.

Intinya semester lima ini aku harus menjalaninya dengan gembira (wajib itu) dan semangat. Meskipun aku sempat kaget dan bingung dengan adanya program regrouping kelas dan efeknya aku mendapatkan kelas baru, terpisah dari 'sirkel' wkwk. Apapun yang terjadi, tetap menulis!


Semester lima ini aku mulai latihan menulis dengan menyertakan dalil atau sumber yang relevan. Sehingga basis free writing kayaknya agak tersingkirkan, tapi aslinya bukan. Aku mulai latihan menulis di Blog dengan melalui beberapa tahap 'penyaringan'. Free writing artinya juga termasuk salah satu tahap/stage penyaringan juga dan pastinya free writing pasti acak-acakan. Aku tidak mau di semester 5 ini, tulisanku rasanya nggak berkembang alias itu-itu aja. Kalau nggak curhat masalah pelajaran, nanti bahasan ini itu tetapi dibaca malah menggibah situ sini —kan nggak nyambung. Oleh karena itu mulai saat ini, aku mulai memposting karya/tulisan di Blog ataupun media lain (target: Blog, Facebook) dengan sumber yang relevan.

Sehingga pembaca juga enak, ini tulisan rasanya masuk akal. Bukan malah begini, "Ini judulnya apa? Bahasannya apa? Pakai bahasa apa ini?" Itulah model 'Free writing' versiku dan aku berusaha meng-istiqomahkan kebiasaan free writing sebelum menulis secara nyata dan resmi.



—Ketika liburan kenapa kok tidak rajin menulis? Katanya 'free writing' ...

Post terakhir yang aku unggah setelah usai pembelajaran semester 4 adalah Distraksi Menulis. Dan itu artikel aku unggah, sengaja tidak menyertakan label 'Free writing' dan hanya menempelkan label 'nge-Blog' yang artinya artikel tersebut diposting/unggah setelah melalui banyak fase revisi-pengeditan-typo dan ... sebagainya. Hingga akhirnya itu artikel pun jadi dengan kondisi semoga aja bagus.

Aku selama liburan memang tidak mengunggah post apapun di Blog, kalau Facebook jangan dibandingkan ... apalagi Twitter yang sifatnya itu medsos dipakai buat share hal-hal kecil yang sekilas-lintas terjadi. Karena ... ya itu, agak malas karena ketika aku ingin mengunggah post di Blog. Aku harus melalui banyak filtrasi yang ... agak lama. Biasanya ide ada, terus dicurahkan dalam bentuk tulisan kasar di Keep/Obsidian/Telegram/ ... semacamnya. Intinya ditulis apa adanya dulu yang keluar dari pikiran. Sehingga itu tulisan pasti acak-acakan.

Kemudian aku menyalin-ketik kembali untuk aku unggah ke Discord server-ku. Tujuannya apa? Sekali lagi, untuk revisi apa bila ada penulisan yang typo atau malah paragraf pembahasan yang tidak pas atau melenceng. Artikel yang lolos finish mengetik di Obsidian/Keep/Telegram dan diunggah ke Discord maka itu termasuk artikel yang 'Early-access' karena yang tahu hanya member server Discord-ku. Nggak ada maksud apapun, untuk kesiapan mental batin aja (siapa tahu) ada yang baca. Ndak, niatan asli adalah untuk jalan alternatif backup dan simulasi unggah. Karena tuh Discord juga media sosial, tapi cakupannya tergantung di server/rumah mana?

Sehingga setelah diunggah ke channel Discord, kiranya itu enak dibaca, atau sudah pas topik pembahasannya (ndak melenceng) maka lanjut ke filtrasi selanjutnya yakni ke Notion. Prosesnya juga sama, disalin-ketik ulang lagi. —Kenapa kok tidak langsung blok lalu CTRL C+V? Ada alasannya, kapan-kapan aku paparkan.

Jadi karena alasan 'malas' dan 'ribet' itu kenapa tidak update selama liburan. Padahal liburan tuh beberapa mahasiswa ada yang menggunakan waktu mereka seefektif mungkin. Wkwkw, semoga lancar.

Dan masih banyak lagi proses gaya cara aku menulis di Blog ini. Aku lakukan filtrasi berlapis-lapis, demi melatih kualitas tulisan aku semoga menjadi lebih baik.


Anyway, selamat bertemu di post curhatan mahasiswa semester 5! Wkwk.

*untuk server Discord, dm aku ya Ravelfilecdq#5293

CONVERSATION

0 komentar: