Hari ini masih melanjutkan, cara-cara number building dengan menggabungkan nomor bagan dengan tabel 2.
Kemarin,
kita berlatih tentang sejarah suatu wilayah dan geografi suatu wilayah.
Sekarang kita coba terapkan pada penggunaan tabel 2 yang lain. Penambahan tabel
2 pada beberapa nomor kelas suatu subjek.
Langsung
dikerjakan, soal nomor 1.
Geologi of
Quebec. Ini kita tentukan subjeknya ilmu geologi. Tabel 2-nya Quebec.
Kemudian
kita lihat pada kelas ilmu bumi. Dalam DDC nomor kelasnya 50. Kita cari, apakah
ada perintah atau tidak untuk menggabungkan dengan tabel 2. Ternyata kita
temukan bahwa 550 (1094-50.99) itu intinya tertera, do not use. Perlu kalian
ketahui. Kalau ada nomor kelas dengan kurung siku <> itu artinya kelas
itu tidak lagi digunakan. Dari sini ada treatment, penambahan dengan kontinen
atau wilayah atau tempat atau negara yang spesifik, itu seharusnya disitu.
Tapi karena
itu tertera kurung siku, maka tidak boleh digunakan/do not use. Dan kita diperintahkan
untuk melihat kelas 554-559.
Kemudian
kita menuju ke nomor kelas yang dirujuk, yakni 554-559. Di sini kita menemukan
bahwa 554 sampai 559 itu untuk ilmu bumi atau ilmu geologi dengan kontinen
negara lokal dalam dunia moden yang spesifik. Dari situ ada kata “kelaskan di
sini geologi”
Lalu di
bawahnya ada kata-kata perintah yang berarti tambahkan pada nomor dasar 55
notasi yang dimulai dari 4-9 dari tabel 2. Contoh
Geologi of
Japan, itu 55.2 (asalnya dari 55 nomor dasarnya, ditambah Jepang -2 yang
diambil dari tabel 2 menjadi seperti itu 55.2)
Itu contoh
bahwa penggabungan tabel 2 ke nomor kelas geologi atau ilmu bumi ada
perintahnya. Itu juga berlaku bila berbeda negara juga. Tergantung pada tabel 2
dan apa ada perintahnya atau tidak.
Selanjutnya
kita cari nomor quebec. Yakni di tabel 2, ada di Amerika Utara. Nomor kelasnya
-714 artinya sesuai dengan pola penambahannya. Maka 557.14
Selanjutnya
lagi, kita coba ke nomor 2. Printmaking in Japan.
Seni cetak
di Jepang. Kita tentukan subjeknya adalah seni cetak, kemudian tabel wilayahnya
adalah Jepang.
Dalam DDC,
kita cari. Seni cetak itu nomor kelasnya 769 sedangkan Jepang di tabel 2 nomor
kelasnya -52
Kita kembali ke bagan 769, ada atau tidak perintah untuk menambahkan tabel 2 secara langsung? Kalau ada. Maka langsung ikuti perintahnya, kalau tidak ada maka harus ada tambahan di antara subjek 2 itu, -09 dari tabel 1.
Kita cari
pada kelas 769 sampai ke kelas 770.
Jawabannya
ada perintah untuk boleh menambahkan tabel 2 pada bagan 769. Dari situ, 769.9
itu historical geographic … printmaking. Dari situ juga ada perintah, yang
artinya tambahkan pada nomor dasar 769.9 notasi yang dimulai dari 001 dari
tabel 2.
Ada
perintah menambah secara langsung pada kelas 769.9 maka Jepang tadi, wilayah
dari tabel 2 -52 langsung saja ditambahkan pada 769 yang tadi. Menjadi 769.952
Lanjutnya
nomor 3, “General Statistic of Hungary”
Jadi
satistik umum Hungaria. Kita lihat dalam DDC itu untuk menemukan nomor kelas
Statistik dan Hungaria. Kita bisa menemukan nomor kelasnya 310 kemudian
Hungaria itu pada tabel 2, dia bagian dari Eropa. Kita temukan nomor kelasnya
-439.
Sebelum
memadukan atau melakukan number building, maka harus dicek dahulu pada kelas
310. Apakah ada petunjuk yang membolehkan menambahkan tabel 2 atau tidak.
Jadi kita
harus melihat pada kelas yang dirujuk di kelas 314-319
Kita menuju
pada nomor klasifikasi yang dirujuk tadi kelas 314.319 itu adalah general
statistic of spesific continen … Jadi statistik umum untuk kontinen, negara,
lokal, yang spesifik di dunia modern. Dan di bawahnya persis kita temukan
perintah tambahkan pada notasi dasar 31.
Karena
soalnya statistik umum Hungaria, berarti dengan melihat contoh yang ada pada
bagan 310 kemudian dirujuk ke kelas 314-319 berarti polanya tambahkan pada
nomor dasar 31, asalnya dari 310 tapi nol-nya dibuang.
314.39
Selanjutnya
nomor 4, “Political Conditions in the Irish Republic” yang bisa diartikan
Kondisi politik di Republik Irish.
Kita
tentukan subjek dari judulnya, yakni kondisi politik. Tabel 2-nya itu Republik
Irlandia.
Politik itu
320 dalam DDC. Lalu mencari apakah di kelas tersebut ada penggunaan tabel 2
secara langsung atau tidak.
Irlandia
Utara itu bagian dari Eropa, -417
Kemudian
kita harus cari, bagaimana cara penambahan tabel 2. Kita harus melihat dari
kelas 320.
Dalam DDC, kita menemukan politik 320. Kita lihat apakah ada izin atau tidak? untuk penambahan tabel 2.
Pada kelas
320.09 itu kelas untuk politik pada geografis tertentu. Meski 09 tidak dikurung
siku, tapi ada perintahnya. Bisa diartikan jangan gunakan nomor ini untuk
situasi dan kondisi politik. Tapi kelaskan di 320.9
Pada kelas
320.9, political situation & condition itu di bawahnya ada kurung siku
<> 320.9009 artinya nomor ini tidak boleh digunakan. Ada catatan,
kelaskan pada 320.901 sampai 320.99
Pola
tersebut, menjadi dasar untuk mengerjakan nomor soal 4. Kondisi politik di
Irlandia Utara. Nomor dasarnya 320.9 ditambah Irlandia -417 dari tabel 2. Kita
gabung menjadi, 320.9417
0 komentar:
Posting Komentar