Klasifikasi 11 Desember 2020

Hari ini masih melanjutkan, cara-cara number building dengan menggabungkan nomor bagan dengan tabel 2.

Kemarin, kita berlatih tentang sejarah suatu wilayah dan geografi suatu wilayah. Sekarang kita coba terapkan pada penggunaan tabel 2 yang lain. Penambahan tabel 2 pada beberapa nomor kelas suatu subjek.

 

Langsung dikerjakan, soal nomor 1.

Geologi of Quebec. Ini kita tentukan subjeknya ilmu geologi. Tabel 2-nya Quebec.

Kemudian kita lihat pada kelas ilmu bumi. Dalam DDC nomor kelasnya 50. Kita cari, apakah ada perintah atau tidak untuk menggabungkan dengan tabel 2. Ternyata kita temukan bahwa 550 (1094-50.99) itu intinya tertera, do not use. Perlu kalian ketahui. Kalau ada nomor kelas dengan kurung siku <> itu artinya kelas itu tidak lagi digunakan. Dari sini ada treatment, penambahan dengan kontinen atau wilayah atau tempat atau negara yang spesifik, itu seharusnya disitu.

Tapi karena itu tertera kurung siku, maka tidak boleh digunakan/do not use. Dan kita diperintahkan untuk melihat kelas 554-559.



Kemudian kita menuju ke nomor kelas yang dirujuk, yakni 554-559. Di sini kita menemukan bahwa 554 sampai 559 itu untuk ilmu bumi atau ilmu geologi dengan kontinen negara lokal dalam dunia moden yang spesifik. Dari situ ada kata “kelaskan di sini geologi”

Lalu di bawahnya ada kata-kata perintah yang berarti tambahkan pada nomor dasar 55 notasi yang dimulai dari 4-9 dari tabel 2. Contoh

Geologi of Japan, itu 55.2 (asalnya dari 55 nomor dasarnya, ditambah Jepang -2 yang diambil dari tabel 2 menjadi seperti itu 55.2)

Itu contoh bahwa penggabungan tabel 2 ke nomor kelas geologi atau ilmu bumi ada perintahnya. Itu juga berlaku bila berbeda negara juga. Tergantung pada tabel 2 dan apa ada perintahnya atau tidak.



Selanjutnya kita cari nomor quebec. Yakni di tabel 2, ada di Amerika Utara. Nomor kelasnya -714 artinya sesuai dengan pola penambahannya. Maka 557.14

Selanjutnya lagi, kita coba ke nomor 2. Printmaking in Japan.

Seni cetak di Jepang. Kita tentukan subjeknya adalah seni cetak, kemudian tabel wilayahnya adalah Jepang.



Dalam DDC, kita cari. Seni cetak itu nomor kelasnya 769 sedangkan Jepang di tabel 2 nomor kelasnya -52

Kita kembali ke bagan 769, ada atau tidak perintah untuk menambahkan tabel 2 secara langsung? Kalau ada. Maka langsung ikuti perintahnya, kalau tidak ada maka harus ada tambahan di antara subjek 2 itu, -09 dari tabel 1.



Kita cari pada kelas 769 sampai ke kelas 770.

Jawabannya ada perintah untuk boleh menambahkan tabel 2 pada bagan 769. Dari situ, 769.9 itu historical geographic … printmaking. Dari situ juga ada perintah, yang artinya tambahkan pada nomor dasar 769.9 notasi yang dimulai dari 001 dari tabel 2.

Ada perintah menambah secara langsung pada kelas 769.9 maka Jepang tadi, wilayah dari tabel 2 -52 langsung saja ditambahkan pada 769 yang tadi. Menjadi 769.952

 

Lanjutnya nomor 3, “General Statistic of Hungary”

Jadi satistik umum Hungaria. Kita lihat dalam DDC itu untuk menemukan nomor kelas Statistik dan Hungaria. Kita bisa menemukan nomor kelasnya 310 kemudian Hungaria itu pada tabel 2, dia bagian dari Eropa. Kita temukan nomor kelasnya -439.

Sebelum memadukan atau melakukan number building, maka harus dicek dahulu pada kelas 310. Apakah ada petunjuk yang membolehkan menambahkan tabel 2 atau tidak.




Pada bagan DDC, nomor kelas 310 Statistik Umum. Kita dapat menemukan kurung siku <> yakni pada nomor 310.94 sampai 310.99 Adalah perintah statistik umum, bisa ditambahkan dengan kontinen negara atau tempat-tempat khusus di dunia modern. Tetapi perintah ini tidak ada di sini. Karena nomor kelasnya terdapat kurung siku <> yang artinya sudah tidak dipakai lagi.

Jadi kita harus melihat pada kelas yang dirujuk di kelas 314-319

 

Kita menuju pada nomor klasifikasi yang dirujuk tadi kelas 314.319 itu adalah general statistic of spesific continen … Jadi statistik umum untuk kontinen, negara, lokal, yang spesifik di dunia modern. Dan di bawahnya persis kita temukan perintah tambahkan pada notasi dasar 31.

Karena soalnya statistik umum Hungaria, berarti dengan melihat contoh yang ada pada bagan 310 kemudian dirujuk ke kelas 314-319 berarti polanya tambahkan pada nomor dasar 31, asalnya dari 310 tapi nol-nya dibuang.

314.39

 

Selanjutnya nomor 4, “Political Conditions in the Irish Republic” yang bisa diartikan Kondisi politik di Republik Irish.

Kita tentukan subjek dari judulnya, yakni kondisi politik. Tabel 2-nya itu Republik Irlandia.

Politik itu 320 dalam DDC. Lalu mencari apakah di kelas tersebut ada penggunaan tabel 2 secara langsung atau tidak.

Irlandia Utara itu bagian dari Eropa, -417

Kemudian kita harus cari, bagaimana cara penambahan tabel 2. Kita harus melihat dari kelas 320.






Dalam DDC, kita menemukan politik 320. Kita lihat apakah ada izin atau tidak? untuk penambahan tabel 2.

Pada kelas 320.09 itu kelas untuk politik pada geografis tertentu. Meski 09 tidak dikurung siku, tapi ada perintahnya. Bisa diartikan jangan gunakan nomor ini untuk situasi dan kondisi politik. Tapi kelaskan di 320.9

Pada kelas 320.9, political situation & condition itu di bawahnya ada kurung siku <> 320.9009 artinya nomor ini tidak boleh digunakan. Ada catatan, kelaskan pada 320.901 sampai 320.99

Pola tersebut, menjadi dasar untuk mengerjakan nomor soal 4. Kondisi politik di Irlandia Utara. Nomor dasarnya 320.9 ditambah Irlandia -417 dari tabel 2. Kita gabung menjadi, 320.9417

 

CONVERSATION

0 komentar: