Metopen, pertemuan 3


Karena metopen berisikan metodology yang digunakan penelitian. Khususnya berkaitan dengan LIS (Library, Infomation Science). Bagaimana kita menulis karya artikel, ilmiah, akademis.


Karya Akademis

Ditulis berdasarkan observasi, penelitian mereview kejadian/lapangan tertentu, menggabungkannya berdasarkan metode tertentu dengan standar penulisan sistematis, bahasa dan konten yang dapat dipertimbangkan sebagai karya ilmiah

Essai ilmiah menyajikan fakta umum dan ditulis dengan baik dan metode penulisan yang benar dan bahasa yang konkrit (secara nyata), gaya bahasa yang formal, menggunakan istilah teknis dan didukung oleh fakta umum yang dapat dibuktikan dengan benar

Semua essai yang ditulis di dalam buku, artikel/paper dalam buku atau jurnal, tesis, disertasi dan laporan disajikan dalam bentuk ilmiah, hati-hati, tidak emosional, tidak persuasif (tidak secara harus membujuk atau meyakinkan orang), bahasanya mudah diidentifikasi, argumentatif, jujur, tidak mengejar ketertarikan umum dan hanya menyediakan informasi saja

Essay yang ditulis setelah adanya masalah dan kemudian diikuti dengan penelitian, koleksi data, proses data, analisis dan konklusi kemudian dilaporkan secara terpisah manuskrip atau laporan

Contoh:

Dalam penulisan essai, kita tidak dapat menggunakan bahasa biasa/santai. Harus menggunakan bahasa baku dan formal.

Saya pergi

Saya hendak pergi


Dalam penulisan essai juga menghindari statemen yang dogmatik. Merupakan lawan dari akademis.

Adalah sesuatu/statemen yang kita hanya bisa mempercayainya. Contohnya: Al Qur'an.



Tipe-tipe penulisan ilmiah: Paper

Penulisan ilmiah menyajikan masalah yang akan dibahas/diskusikan berdasarkan objektif data lapangan secara empiris

Paper menyajikan melalui proses pemikiran deduktif (proses pemikiran dari umum ke spesifik) atau induktif (proses berpikir dari spesifik ke umum)

Paper biasanya telah disiapkan/dikerjakan untuk menyelesaikan tugas ujian mata kuliah tertentu atau untuk memberikan saran dari solusi masalah ilmiah secara jelas dan bahasa yang tegas

Konten-konten dalam paper biasanya berisikan saran dan opini dalam subjek yang akan diterangkan dalam rapat kerja, simposia (pertemuan), seminar, dst

Istilah paper terkadang diasosiasikan dengan pekerjaan yang dikerjakan/ditulis oleh beberapa murid, tipe dari penulisan tugas ada hubungannya dengan studi lapangan, hasil dari diskusi buku atau tulisan tentang isu

Paper untuk murid dibagi menjadi dua bagian. Yakni:

  1. Common paper
  2. Position Paper

Paper adalah bentuk simpel dari karya/tulisan ilmiah.

Common Paper

Memberikan kesempatan pada mahasiswa/murid untuk menjelajahi banyak teori & opini.

Position Paper

Memberikan kesempatan kepada mahasiswa/murid untuk mengambil posisi di antara teori-teori atau opini yang diajukan.



Tipe penulisan ilmiah: Tesis Sarjana

Penulisan ilmiah yang menunjukkan opini penulis berdasarkan opini dari yang lain

Opini yang dimasukkan harus didukung berdasarkan data & fakta, objektif empiris, keduanya berdasarkan penelitian langsung (observasi lapangan) dan penelitian tidak langsung (studi dari perpustakaan)

Tesis sarjana dilakukan untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan gelar sarjana/diploma dan semua persiapannya dipandu oleh dosen atau tim yang ditunjuk oleh universitas

Atau kerja ilmiah yang digabungkan oleh mahasiswa yang belum lulus. Hasil penelitian berdasarkan analisa data primer dan (atau) analisa data sekunder

Tesis sarjana dikerjakan oleh mahasiswa yang belum lulus dengan karakteristik sebagai berikut:

  1. Harus adanya masalah
  2. Judul dari tesis sarjana dipilih oleh mahasiswa atau ditentukan oleh pengawas/supervisor
  3. Berdasarkan studi lapangan (data primer) dan atau analisa data sekunder
  4. Adanya urutan metodologis
  5. Menunjukkan eksistensi dari kenyataan baru atau kenyataan khusus
  6. Dibawah panduan periodic oleh pengawas
  7. Diawasi dan dicek berkali-kali oleh pengawas
  8. Harus hati-hati dalam penulisan ilmiah
  9. Harus adanya abstrak
  10. Diuji di depan komite/panitia
  11. Dapat diterbitkan
  12. Termasuk syarat untuk menyelesaikan studi atau program S1



Tipe penulisan ilmiah: Tesis Master (S2?)

Penulisan ilmiahnya lebih dalam dan lebih menarik dibandingkan tesis

Tesis model seperti ini akan menguak pengetahuan baru dari penelitian sendiri

Diuji dua atau lebih, hipotesis ditulis oleh mahasiswa yang lulus

Menunjukkan kebenaran berdasarkan teori

Mendapatkan argumen baru

Dapat didiskusikan dengan dua teori yang bertentangan


Tipe penulisan ilmiah: Disertasi (S3)

Penulisan ilmiah yang menuju pada proporsi yang dapat dibuktkan oleh penulis (author) berdasarkan data yang valid & fakta dengan analisis yang detil

Mengandung temuan asli/original yang dipertahankan oleh tim dari pemeriksa terdiri dari profesor atau para ahli

Disertasi lebih intensif dan ekstensif dibandingkan tesis


Laporan penelitian lapangan

Field studi atau laporan praktek (laborat) ditulis dengan formal dengan material dan prosedurnya

Penelitian ini membutuhkan metode penelitian yang sesuai

Hasil atau konklusinya harus dapat memperkaya perbendaharaan ilmiah di lapangan mereka


Textbook dan Handbook

Tulisan buku adalah essay ilmiah yang di dalamnya terdapat referensi material perpustakaan

Memiliki prinsip ilmiah dan hukum yang umumnya diterima

Biasanya buku yang tebal digunakan untuk mengajar atau hal edukasi. Dan pengajar harus menanamkan pemahaman ilmiah

Tulisan buku dapat dianggap sebagai kompilasi/gabungan dari prinsip ilmiah yang mudah/umum dipahami, digabungkan dengan penemuan penelitian yang dikenal di lapangan

Handbook, essai ilmiah yang digunakan untuk memberikan instruksi bagaimana mempraktekkan sesuatu berdasarkan hasil dari penelitian ilmiah

Termasuk kelompok ini, contohnya, buku pedoman biasanya satu paket dengan produk baru. Seperti mesin mobil, komputer, dll.


Report

Tulisan yang dibuat oleh seseorang setelah melakukan eksperimen, me-review, observasi, membaca buku referensi, dan lain-lain.

Disusun berdasarkan data yang ada, disertai dengan penilaian objektif tentang baik-buruknya, serta saran-saran yang diperlukan.

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh penulis laporan adalah laporan harus dapat menyatakan masalah yang benar, jelas, rinci dan ringkas.


Buku & Diktat

Merupakan bentuk dari penulisan ilmiah.

Keduanya memberikan informasi yang faktual tentang disiplin ilmu.

Buku-buku ditulis untuk kejadian yang lebih umum, sedangkan diktat lebih ke kejadian tertentu untuk mengajari langsung dan sebagai proses belajar untuk murid.

Buku umumnya diterbitkan oleh penerbit, sedangkan diktat hanya distensil, tidak dari penerbit.


Karakteristik dari penulisan ilmiah

Ada empat macam penulisan ilmiah:

  1. Essai konkrit ilmiah non-teknis
  2. Essai umum ilmiah teknis
  3. Essai formal abstrak ilmiah
  4. Essai ilmiah sejarah spesifik

Karakteristik concrete on-technical scientific essays

  1. Informatif
  2. Menggunakan kata/istilah yang populer
  3. Spesifik, dan topik yang konkrit
  4. Tidak emosional atau daya tarik imajinatif
  5. Bahasa kiasan hanya digunakan untuk pemanasan ketika membahas suatu topik
  6. Tertata sistematis
  7. Tertuju pada pembaca dengan ilmu ilmiah yang dasar

Karakteristik general technical scientific essay

  1. Semua isinya bersifat informatif
  2. Istilah teknik, tidak disertakan penjelasan definisi
  3. Tidak mengejar keuntungan pribadi, sungguh-sungguh
  4. Tidak termasuk asesmen, tetapi menjelaskan masalah dengan umum dalam jalan yang konkrit
  5. Komposisi yang normal
  6. Tidak emosional
  7. Tertuju pada pembaca yang paham/mengerti

Karakteristik formal abstract scientific essay

  1. Gambaran
  2. Informatif
  3. Non technical
  4. Tidak mengejak keuntungan pribadi
  5. Memasukkan informasi tentang opini lain tanpa mendukung bukti
  6. Bahasa yang formal, tidak emosional
  7. Berisi konten yang populer dan istilah yang digunakan juga populer.

Karakteristik historical specific scientific essay

  1. Berisi informatif semua
  2. Berdasarkan sumber sejarah
  3. Tidak emosional
  4. Tidak mengejar keuntungan pribadi, sungguh-sungguh
  5. Tidak mengandung asesmen yang konkrit dan speifik
  6. Semi-teknikal
  7. Bahasa dan strukturnya diatur formal


Karakteristik essai ilmiah

  1. Tidak mengandung tampilan yang tidak didukung, kecuali dalam pengerjaan hipotesis
  2. Ditulis dengan sungguh-sungguh dan hanya mengandung kebenaran, tidak memprovokasi
  3. Tidak persuasiv, membiarkan fakta mengungkap kebenaran apa adanya
  4. Tidak berlebih-lebihan, apa yang disajikan hanya fakta, tidak fiksi dari penulis
  5. Menyajikan fakta objektif secara sistematis atau menyajikan aplikasi dari hukum alam untuk situasi yang spesifik
  6. Penulis hati-hati, teliti dan mengoreksi dengan sungguh-sungguh
  7. Tidak mengejar keuntungan pribadi, tidak ambisius dan tidak berprasangka
  8. Sistematik, tiap langkah telah direncanakan dan dikontrol sistematik, konseptual dan sesuai prosedur
  9. Tidak emosional, tidak menonjolkan perasaan, menyajikannya dengan kasual dan mudah dipahami. Kata-kata yang digunakan juga mudah untuk diidentifikasi


Syarat-syarat penulisan ilmiah

  1. Mengandung masalah dan solusi
  2. Masalah yang muncul harus objektif (menurut situasi yang aktual)
  3. Proses penulisan harus selesai, semua hal yang berkaitan dengan masalah harus diselesaikan dengan komplit dan jelas
  4. Penulisan harus menggabungkan metode yang diperlukan jadi tulisan tersebut dapat dibenarkan
  5. Penulisannya harus diatur sesuai dengan sistem tertentu sehingga mudah untuk dipahami dan terus-menerus

Fitur dari penulisan ilmiah

maksudnya fitur? Mungkin maksudnya tujuan atau manfaatnya kali ya?

  1. Bersifat logic, semua informasi atau informasi yang disajikan terdapat argumen yang dapat dipahami dan diterima oleh akal
  2. Sistematik, semua yang tertera ditata dengan sesuai urutan
  3. Objektif, melalui dan dilalui (???)
  4. Berhati-hati, menghindari dari kesalahan kecil
  5. Jelas, semua informasi yang tertera dapat disampaikan dengan jelas artinya
  6. Semua kebenaran yang tertera dapat diuji/dibuktikan
  7. Terbuka, ketika yang dikemukakan bisa kemungkinan berubah ketika ada opini baru
  8. Umumnya dapat diterima, konklusi atau kesimpulan mencakup semua populasi (kuantitatif)
  9. Presentasi juga memperhatikan bahasa yang sopan dan penulisan standar

Etika menjadi penulis karya ilmiah

  1. Rasa ingin tahu, selalu menanyakan hal yang mungkin terjadi
  2. Kritis, selalu melihat/membaca banyak informasi sebanyak mungkin
  3. Terbuka, selalu mendengarkan akan informasi/argumen dari orang lain
  4. Objektif, menyatakan 'apa' tanpa terganggu dengan perasaan pribadi
  5. Memiliki kemauan untuk mengapresiasi karya orang lain, bersyukur dari karya orang lain
  6. Berani mempertahankan kebenaran dan fakta
  7. Bergerak maju, memiliki pandangan jauh ke depan

Prinsip penulis yang baik

Dikutip dari Ernest Hemingway (pemenang nobel prize literatur, pulitzer prize winner, former Kansas City Star journalist)

  1. Menggunakan kalimat yang pendek
  2. Menggunakan bahasa polos sehingga mudah dipahami
  3. Menggunakan bahasa yang simpel & jelas
  4. Menggunakan bahasa tanpa menggabungkan kalimat (subtract)
  5. Menggunakan bahasa yang kuat & solid
  6. Menggunakan kalimat positif, tidak menggunakan kalimat negatif
  7. Buat tulisanmu menjadi hidup dan stylish, menggunakan kalimat aktif, tidak pasif

Manfaat mempersiapkan karya ilmiah

  1. Penulis akan terlatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif. Karena sebelum menulis essai ilmiah, mereka harus membaca literature yang relevan dengan topik yang didiskusikan
  2. Penulis akan terlatih untuk menggabungkan bacaan dari berbagai macam sumber buku, mengambil inti pembahasan dari buku tersebut dan mengembangkan pikirannya lebih
  3. Penulis akan berkenalan dengan aktivitas perpustakaan, seperti mencari buku material melalui berbagai macam media
  4. Penulis akan mengembangkan kemampuan mengorganisir dan menyajikan fakta secara jelas dan sistematis
  5. Penulis akan mendapat kepuasan intelektual
  6. Memperluas cakrawala penulis

CONVERSATION

0 komentar: