Kejadian salin-tempel sudah seperti bernapas

 


Kejadian menyalin-tempel materi, catatan berkali-kali terulang aku lakukan. Maksudnya bukan berarti nyontek garapan tugas, melainkan ambil atau comot materi/ilmu yang tersebar di internet. Entah itu menemukannya dengan petunjuk dosen atau ketemu sendiri terpaksa karena keadaan.


Ini membuatku perlahan terlatih untuk kemampuan merujuk informasi. Aku masih ingat acara kuliah tamu antara UIN Sunan Kalijaga dengan UIN Raden Fatah Palembang. Salah satu materi yang aku ingat dan sempat merangkum lalu post di blog ini adalah tentang penulisan essay.


Merujuk ke keterangan yang disampaikan pak Thoriq kala itu adalah essay/tulisan/artikel yang baik, adalah tulisan yang merujuk ke banyak sumber dan terpercaya. Digabungkan dengan opini yang masuk akal sehingga menghasilkan tulisan yang bermutu. Kalau pak Hernowo Hasim mengistilahkan tulisan yang bergizi, siapapun yang membacanya akan mendapatkan informasi/ilmu yang baru atau malah termotivasi.


Jadi semester 4 ke 5 ini, salah satu targetku yakni melatih kemampuan meneliti/research mengingat aku juga bakal nanti menulis skripsi sebagai tugas akhir untuk meraih gelar sarjana dan terus berjuang melanjutkan kehidupan setelahnya.


Targetku di semester 4 menuju 5 ini adalah meningkatkan semangat untuk menulis artikel atau sesuatu yang bermanfaat. Kalo ada yang bilang “Kamu sudah banyak tulisannya, di blog sampai tembus seratus coba.”

Wkwk, terima kasih banyak heuheu. Tapi semua postingan itu rata-rata berbasis free writing, dimana seharusnya postingan dengan label free-writing itu tidak bisa dijadikan sumber. Karena menulisnya tidak dibarengi dengan niat untuk jadi artikel. Melainkan dengan maksud untuk latihan, malah kadang ndak merujuk ke sumber manapun. Hanya modal perasaan yang menggebu-gebu untuk menulis.


Praktek copy paste atau kusebut salin tempel ini sering aku lakukan pada mata kuliah Sistem Open Source, Layanan Informasi, Sejarah Perpustakaan Islam, dan masih banyak lagi. Pokoknya mata kuliah yang tugas atau materinya perlu mencari referensi tambahan di internet.


Suka dukanya banyak. Proses menyalin-menempel ini tidak semudah meringkas materi ppt dari dosen atau malah tinggal asal blok paragraf pdf yang sudah tertera jelas.

Menyalin tempel yang aku lakukan di sini adalah membuat ringkasan. Dengan menyalin inti paragraf, lalu menempelkannya dalam word/notion kemudian memberikan gagasan penjelasan yang merujuk dari berbagai sumber penguat. Ribet pokoknya.

Kapan-kapan aku akan membagikan notion/catatan yang aku tulis. Selebihnya, terima kasih hehe.

CONVERSATION

0 komentar: