Jaringan Komputer P1

 

Jaringan Komputer

1.       Dibutuhkan aturan-autran (protocols) yang mengatur komunikasi dan layanan-layanan secara umum untuk seluruh sistem jaringan

2.       Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberi layanan (service)

3.       Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut server

4.       Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer

 

Jaringan komputer → Telekomunikasi Data

Terdiri dari HW dan SW yang memancarkan informasi dari satu tempat ke tempat lain.

 

Sistem Komunikasi

Ø  Jaringan komputer → jaringan komunikasi data → sistem komunikasi

     Pertukaran data minimal antar dua entitas

 

Ø  Model komunikasi umum:

Sumber → Pengirim → sistem pengiriman → penerima → tujuan

[Sistem sumber] —> Sistem pengiriman —> [Sistem Tujuan]

 

Media Komunikasi

Ø  Wired (menggunakan kabel, nirkabel)

o   Twisted pair

o   Kabel coaxial

o   Fiber optik

Ø  Wirelss (tanpa kabel)

o   Wireless LAN

o   Satelit komunikasi

o   Bluetooth

 

Tujuan Jaringan Komputer

Ø  Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk[MNS1] 

Ø  Komunikasi: contohnya surat elektronik (e-mail), instant messaging, chatting

Ø  Akses informasi[MNS2] : contohnya web browsing

 

Mengapa perlu jaringan komputer? Padahal ada flashdisk, atau harddisk eksternal, dll..

Jadi ada beberapa keuntungan dibandingkan kalau menggunakan sistem yang kuno, model stand alone. Yakni:

1.       Easiness/kemudahan[MNS3] 

2.       No distance[MNS4] /tidak ada jarak

3.       Mobility

4.       Efficient

 

Dampak Jaringan dalam Kehidupan

Manfaat jaringan komputer dalam mendukung dan meningkatkan kehidupan

 

Dampak Jaringan dalam Kehidupan

1.       Media komunikasi populer seperti IM, Wiki, Blog, Podcasting (recording), dan alat kolaborasi

2.       Jaringan informasi untuk berbagi dan berkolaborasi meningkatkan pengajaran dan pembelajaran

3.       Komunikasi melalui jaringan mengubah cara kita bekerja

4.       Komunikasi melalui jaringan mendukung cara kita bermain

 

Akan tetap diadakan praktek, jadi kita mungkin praktek dengan peralatan yang ada.

Setiap sesi ada 10 orang,

 


 [MNS1]Ini dicontohkan dalam proses upload ke cloud memory. Karena dengan mengunggah ke google drive misalnya, itu dapat menghemat space harddisk

 [MNS2]Ketika hendak nyari informasi, browsing.. dll

 [MNS3]Ok, coba bayangkan ketika pandemi ini berlangsung ketika tahun 90 an. Bagaimana cara berkomunikasi, sedangkan teknologi video call belum ada.

 [MNS4]Antara dosen dengan mahasiswa, dengan adanya jaringan komputer. Perkuliahan ibarat nggak ada batas atau jarak di antara kita :v

CONVERSATION

0 komentar: