Materi Sistem Informasi Perpustakaan - Konsep sejarah perkembangan teknologi (P2)


Materi Sistem Informasi Perpustakaan - Konsep sejarah perkembangan teknologi (P2)

Pada pertemuan kedua ini membahas mengenai konsep dasar dan sejarah perkembangan teknologi informasi dan menjelaskan apa sebab teknologi informasi berkembang pesat.

Mengapa perkembangan teknologi informasi berkembang dengan pesat? Karena efektif, efisien, cepat, dan murah.


Pada pertemuan kedua ini juga membahas mengenai perkembangan teknologi dan informasi dari masa ke masa. Seperti halnya perkembangan mesin ketik pada zaman dahulu yang mana kalau mau mengetik satu huruf harus menekan tombol dengan kuat, dibandingkan zaman sekarang yang dengan mudahnya menulis mengetik.

Pak Dosen juga menjelaskan akan Alibaba (online-shop) yang ber-base di China. Setiap hari itu melakukan sampai kurang lebih 60 juta transaksi barang secara online. Sedangkan tiap transaksi itu tidak saling mengenal, dan hanya mempercayakan akan sistem (Alibaba) tersebut.

Zaman dahulu sangat sulit untuk membayangkan. Bertransaksi akan tetapi antara kedua belah pihak belum saling kenal dan bahkan tidak bertatap muka sekalipun (face to face). Membayangkannya pun susah bagaimana sistematisnya ketika zaman tahun 2000-an. Akan tetapi dizaman era millenial seperti ini. Sangat lumrah dan bahkan mayoritas penduduk dunia pun menggunakan teknologi yang namanya e-shopping. Itulah perkembangan teknologi informasi di zaman millenial seperti ini.

Salah satu quote Jack Ma, “kita tidak bisa memaksa anak-anak kita untuk lebih sangar dengan mesin. Akan tetapi ajarilah mereka akan inovasi atau sesuatu yang unik. Yang mana nantinya 30 tahun kedepan akan menjadi harapan atau suatu inovasi yang besar”

Anak-anak tidak mungkin ketepatannya mengalahkan mesin. Tidak mungkin logikanya sejalan akan logika mesin. Tidak mungkin lagi keakurat data yang disampai berikan itu sebanding dengan mesin. Dikarenakan mesin mainnya logika dan konsisten. Yang artinya, itu-itu terus dan tidak mungkin berinovasi (kecuali teknologi AI di zaman sekarang ini). Akan tetapi anak-anak tersebut mempunyai potensi yang mana tidak dimiliki oleh mesin. Kalaupun punya, itupun tidak se-sempurna dimiliki manusia. Ialah kreativitas dan inovasi. Anak-anak di tahun masa depan yang ketika masa anak-anak telah dibekali cara berinovasi dengan sesuatu yang unik. Yang mungkin kadang sampai batas nalar yang kadang tidak bisa diterapkan dalam masa sekarang (karena keterbatasan teknologi), mungkin saja di masa yang akan datang. Akan muncul inovasi-inovasi yang luar biasa. Yang tidak terpikirkan dimasa-masa sebelumnya.

Teknologi Informasi pengertiannya adalah yang mana membantu atau memberikan informasi, memberikan kemudaha, menyimpan, menyebar luaskan informasi dan sebagainya. Dan teknologi informasi itu tidak sebatas komputer saja.

Mengapa dikatakan mudah dan cepat. Karena semua serba instan. Saya katakan lagi, semua serba instan atau “click n swipe” apalagi pada pda (personal digital assistant/hp android) yang mana sudah mayoritas menerapkan touch-screen. Semua tinggal sentuh dan usap dan menunggu dan selesai sudah.

Berbeda dengan zaman dahulu. Yang mana komputer di generasi pertama saja sampai mempunyai berat total 10 ton dan membutuhkan ruang hampir 30 meter. Zaman sekarang, komputer semakin tipis dan simpel. Begitu pula dengan pda dan alat elektronik penunjang teknologi informasi lainnya.

Karenanya perpustakaan harus tetap beriringan dengan teknologi infromasi yang mana bisa diaplikasikan di perpustakaan agar dapat menunjang untuk sistem informasi perpustakaan.

Tantangan teknologi infromasi pada zaman sekarang. Adalah antara lain,

1.       Hoax
2.       Hate speech
3.       Penipuan
4.       Pornografi
5.       Fake account

CONVERSATION

0 komentar: