Mengembalikan ikon-ikon yang hilang di System Tray



Biasanya terjadi ketika sistem crash atau terjadi kerusakan pada windows explorer yang mana menyebabkan force shutdown atau malah sampai blue screen of death
. Ketika dihidupkan kembali atau di restart. Terkadang setelah melakukan booting ulang. Beberapa ikon yang berada di system tray menghilang tanpa sebab. Awalnya saya sendiri tidak begitu memperhatikan atas menghilangnya ikon-ikon yang berada di system tray (bagian pojok kanan bawah. Yang biasanya dilirik kalau lihat waktu jam pada settingan default). Namun suatu ketika yang menghilang itu hampir semuanya. Termasuk ikon wifi, windows defender, smadav, prntscr lightshot, rainmeter dan masih banyak lagi yang menghilang. Yang tersisa hanyalah ikon suara volume, dan indikator baterai. Dan yang lebih membingungkan. Tidak hanya menghilang. Menghilang namun membekas. Yakni masih bisa di klik namun no-responses.

Terlihat sepele memang. Tinggal di restart mungkin kembali seperti semula sudah. Namun terkadang tidak mau kembali dan masih menunjukkan box-box kosong hampa misterius dan tidak bisa di klik. Padahal ada beberapa ikon yang penting kalaupun hilang. Itu sangat menyusahkan. Misalnya ikon jaringan wifi.

Berikut cara penyelesaiannya.
1. Buka “Run”. Cara cepat. Tekan tombol windows + R. Lalu ketik, regedit. Kemudian enter.
2. biasanya akan muncul window yang meminta perizinan untuk menjalankan program sebagai administrasi. Setujui saja.
3. kemudian cari alamatnya.
Computer
HKEY_CURRENT_USER
Software
Classes
Local Settings
Microsoft
Windows
CurrentVersion
TrayNotify
4. sampai ketemu nama “PastIconsStream” kemudian klik kanan dan delete.
5. setelah itu restart komputer anda. Atau log off dan log in kembali atau 
Merestart program explorer dengan cara.

1. buka task manager. (cara cepat, tekan CTRL + ALT + DEL di keyboard. Kalau Windows 7 biasanya muncul beberapa pilihan. Maka pilih yang run task manager)
2. pilih yang section processes dan cari nama “explorer.exe” kemudian klik kanan. Pilih end process.
3.maka setelah di “kill” prosesinya. Tampilan desktop akan blank dan hanya akan menampilkan window atau program-program yang masih berjalan. Ini baru menghentikan program explorer.
4. Sekarang menjalankannya kembali. Dengan cara meng-klik new task. Kemudian mengetik “explorer” dan enter.
Kemudian tunggu sebentar sampai program explorer berjalan kembali normal.

CONVERSATION

0 komentar: