Materi Pembekalan Kelas 12 MA NU TBS Kudus Hari Ketiga


Materi Pembekalan kelas 12 Hari ketiga (1/5/19)
Pak Suwindi & KH. Khamim Lc


Aswaja dan Ke-NU-an itu adalah kesatuan integral yg tak terpisahkan.
Aswaja sendiri punya metode dalam berdakwah, mengamalkannya pada bumi pertiwi.
Maka dari itu. Kita sebagai lulusan Tbs. Pasca kelulusan ini. Harus tetap mengamalkan dan tetap mempertahankan atribut-atribut kita sebagai seorang santri. Sebagai contoh dekatnya ialah tetap memakai peci atau semacamnya sekalipun sudah keluar dari Tbs.
Metode Allah mengajarkan makhluqnya dgn Al Quran.
1. Allah mendoktrin, membumikan akidah yg benar.
2. Kemudian membongkar, merevisi, memperbaiki akidah dan kebiasaan buruk. Contohnya, kebiasaan orang-orang arab pada masa jahiliyyah mengubur anak perempuan hidup-hidup.
Ahlussunnah itu diambil dari Hadits,
عليكم بسنتي و سنة خلفاء الرشدين
Dalam kitab فرءض السنية
Itu mencakup semua pokok-pokok ajaran ASWAJA.
Ijma': proses intelektual penyatuan keputusan para ulama' dalam suatu permasalahan
Ijtima': perkumpulan para ulama

Ketika kalian sudah terjun dalam dunia perkuliahan atau diluar Tbs. Pasti ada beberapa perkumpulan pengajian keagamaan, tantangan pertanyaan ketauhidan, pertanyaan mana yang benar dan mana yang salah, dan tdk menutup kemungkinan ada ajaran aliran yang baru dan bermacam-macam. Maka dari itu tetaplah berpegang teguh dengan ajaran Aswaja. Jangan membelot dari barisan aswaja. Tetap menggunakan kitab-kitab salaf seperti fathul mu'in, fathul qorib.
Mencari guru yang benar-benar guru. Dalam ilmu tasawuf, guru yang dapat membimbing kita menuju Allah, yang dapat membuat kita lebih dekat dengan Allah. Dan yang jelas sanadnya.
Karena tanpa adanya sanad. Semua orang bisa bicara semaunya, mengajarkan suatu ilmu semaunya. Karena itu. Dengan adanya sanad, orang yang memiliki sanad yang jelas. Pastilah berhati-hati dalam membuat suatu fatwa atau mengajarkan suatu bidang ilmu.
Ilmu tolak sihir. Itu dipakai untuk membentengi diri kita dari serangan sihir. Karena kita tidak tau kapan dan siapa yang membenci kita dari luar maupun dalam. Karena itu kita harus mawas diri bilamana ada suatu serangan yang bentuknya ghaib atau tak nampak.
Pesan untuk santri Tbs dari Romo KH Choirozyad.
"Santri tbs. Itu ojo lali karo gurumu kabeh"

CONVERSATION

0 komentar: