Materi Pembekalan kelas 12 MA NU TBS Kudus hari pertama


Materi Pembekalan kelas 12 hari pertama (29/04/19)

KH. Hasan Fauzi
Akhlaqul Karimah sebagai seorang Santri.
شرف الانسان بالعلم و الادب­
Orang itu bisa jadi mulia karena Ilmu dan Adab. Sepintar apapun kalau engga punya adab itu tidak ada apa-apanya. Begitu juga sebaliknya, sebesar apapun adabnya kalau engga punya ilmu. Itu sama saja tidak ada apa-apanya.
Contoh terdekat yang dapat diambil pelajarannya adalah. Makhluq yang diciptakan Allah terbuat dari api. Iblis. Pintar dan ilmunya lebih tinggi dari pada malaikat dan makhluq lainnya. namun karena dia memiliki sifat sombong merasa dirinya paling pintar. Akhirnya ia dijadikan makhluq yang hina dihadapan Allah karena sifat sombongnya.
Dan lagi, merasa ingin dihormati dengan cara melakukan sopan santun. Alias berlagak seperti orang yang punya adab tinggi dengan maksud dalam hati ingin dihormati. Itu juga ndak boleh.
Cara agar orang yang memiliki ilmu itu mempunyai adab. Itu dengan cara mengamalkan ilmunya.
العلم بلا عمل كالرجل بلا ذكر
Bilamana kita memperoleh sesuatu. Sekalipun itu barang yang mulia. Tetap lebih mulia ilmu.
علم itu diambil dari 3 huruf.
 ع: yang berarti "عليين"nama surga yang paling tinggi derajatnya.
 ل: yang berarti welas aseh. Karena orang yang memiliki ilmu. Pasti punya rasa welas kasih sayang. Atau bahasa jawanya rak tegellan.
 م: kerajaan atau merajai. Coba kita lihat dalam lingkup masyarakat. Orang yang dipandang paling tinggi dan dijadikan rujukan utama. Biasanya adalah Kiainya. Atau tidak lain orang yang dianggap mempunyai pendalaman materi agama yang tinggi dibanding orang biasa. Karena itu orang yang memiliki Ilmu bisa dianggap sebagai raja karena sebagai memimpin suatu masyarakat.
Apakah kalian tahu? Dalam hukum dam (denda) itu dipakai untuk mengasihani kaum duafa.
Siapa yang mempunyai derajat yang tinggi. Harus tetap sopan santun terhadap orang yang lebih tua.
Sopan santun terhadap guru antara lain,
Bila mana gurunya sedadng dalam keadaan sibuk atau lelah atau sepaneng. Itu hendaknya jangan menanyakan suatu permasalahan persoalan. Karena bisa jadi nanti kamunya akan kena semprot marahan atau emosi karena ketidakstabilan emosi dari guru tersebut.
Jangan menduduki tempat duduk guru,
Jangan mengawali obrolan atau omongan kecuali  telah mendapat izin dari guru,
Mencari ridhanya guru secara langsung maupun tidak langsung. Lantas apa pengertian tidak langsung. Misalnya, ketika diluar lingkup pengawasan guru. Kita tentunya tidak melakukan sesuatu yang mana bila kita melakukan seuatu tersebut bisa menyebabkan guru marah atau tidak senang.
Jangan mengucapkan kata-kata atau bersikap yang menyebabkan ketidak senangnya guru tersebut.
Melaksanakan perintahnya selama tidak melakukan kemaksiatan.
***


KH. Ulil Albab Arwani
Ulumul Qur’an

Berhasil tamat dari madrasah TBS itu adalah kenikmatan tersendiri bagi kita pula. Karena itu kita harus bersyukur. Karena lulusan dari TBS itu mempunyai nilai plus tersendiri. Karena lulusan dari TBS itu dikenal dengan murid-murid yang mempunyai pengetahuan tentang ilmu agama yang mendalam. Dan tentunya biasanya akan dijadikan rujukan atau imam dalam masyarakat. Begitu pula lulusan dari madrasah lain pula.
Kita diciptakan untuk beribadah. Untuk beribadah, dan tentunya ada aturannya. Karena garis besarnya itu sudah dijelaskan dalam Al Qur’an dan Hadits.
Bilamana kita melakukan sesuatu yang sesuai aturan dari Allah. Maka yang kita lakukan itu akan dicatat sebagai ibadah pula.
Ibadah adalah suatu kewajiban. Dan kewajiban inilah yang perlu diutamakan dilaksanakan terlebih dahulu.
Membaca Al Qur’an itu paling utama. Tapi tentunya kewajiban seperti ibadah itu dilaksanakan terlebih dahulu.
Kenapa harus membaca Al Qur’an, karena Al Qur’an itu lebih afdhal / lebih utama / lebih agung dari pada segala sesuatu kecuali dengan Allah.
Dalam Al Qur’an sendiri mencakup segala pengetahuan. Ilmu agama, tauhid, akhlaq, bahkan ilmu-ilmu umum pula ada didalam tersebut.
“segala ilmu yang ada di Al Qur’an. Hanya saja belum dikuak atau dikaji oleh para ilmuwan”
Karena itu, barang siapa yang ingin dicintai Allah dan Rasul-Nya. Maka bacalah mushaf Al Qur’an.
Usahakan setiap hari. Membaca Al Qur’an. Tiada hari tanpa baca Al Qur’an. Paling tidak setahun itu dapat khatam 2 kali. Yang mana seharinya itu dijatah membaca 4 halaman.

CONVERSATION

0 komentar: