Post ini menjelaskan kebungahan, kesenangan karena mendapatkan karakter *5 dari pull/wish di Genshin Impact.
Banyak dari kalangan para gamer tahu bahwa untuk mendapatkan karakter *5 di game ‘Genshin Impact’ itu cukup susah-gampang. Relatif juga sih, tergantung keberuntungan. Walau pada sistemnya sudah diterapkan model ‘pity’, namun kenyataannya banyak mereka yang harus merogoh kocek sampai sekian ribu demi mendapatkan karakter yang benar-benar diinginkan.
Mekanisme pity pada dasarnya adalah menambah sekian persen kemungkinan mendapatkan karakter/item yang ‘high rarity’ atau katakanlah *5. Penambahan persentase kemungkinan ini diberlakukan ketika sudah sampai pull tertentu. Contoh ketika sampai pull/tarikan ke-50/70
Salah satu pembuat konten kreator ‘Gimnaeng’, yang tidak segan-segan gesek ATM ketika kehabisan primogems dan terus melakukan pull ‘wish’ tiap kali ada banner baru. Ya, wajar sih. Dia merupakan pembuat konten yang berfokus pada game Genshin Impact. Tidak hanya konten yang bersifat gameplay, melainkan juga animasi 2D yang dibuat khas dia.
…
Pengalaman mendapatkan karakter *5 sendiri bagi aku cukup pelan. Bukan karena tidak beruntung-beruntung. Melainkan jarang main, dan sempat berhenti beberapa bulan. Plus, model aku bermainnya tidak merujuk/fokus pada perkembangan bermain. Melainkan aktivitas yang sering dilakukan ketika bermain Genshin Impact adalah jalan-jalan, metik bunga, menyelesaikan komisi… dan seterusnya. Intinya tidak seperti tipikal pemain yang sengaja membangun karakternya dengan perlengkapan yang benar-benar bagus, kemudian diikuti artefak yang sesuai dengan tipikal elemen & stat karakternya.
Kembali lagi dalam mendapatkan karakter *5, pertama kali mendapatkan *5 adalah Qiqi. Sebelumnya, aku benar-benar tidak begitu berharap mendapatkan karakter *5. Karena pada dasarnya main itu hanya sekedar main, bukan karena karakter & sebagainya. Fokus main, jalan-jalan, seadanya. Tapi ketika banner… siapa ya, lupa. Seingatku primogems dihabiskan ketika ada banner yang karakter *4-nya ada Yanfei. —ya benar, Yanfei. Aku tertarik untuk menarik/pull karakter *4 tersebut.
Dan alasannya bukan karena tipikal karakternya, melainkan pengisi suara dari karakter tersebut. ‘Ai Hayasaka’ yang merupakan satu pengisi suara dengan Yanfei. Plus, cara pengucapannya hampir mirip juga.
…
Setelah mendapatkan Qiqi sebagai karakter *5 pertama, cara bermain mulai berubah.
Awalnya party ‘default’, itu-itu saja. Strukturnya begini;
- Razor (sebagai penyerang utama)
- Amber (sebagai pembantu penyerang, sekaligus pengecoh ‘skill boneka’)
- Lisa (sebagai pembantu penyerang, dipakai untuk kombinasi elemental. Petir dengan Api(
- Noelle (sebagai penahan, tameng)
Struktur party di atas, sebelum mendapatkan Yanfei ataupun Qiqi. Terlebih cara bermainnya ya gitu-gitu saja. Yakni Razor aku gunakan untuk gebuk-menggebuk lawan, kemudian skill Amber sebagai pengecoh. Lalu ledakan atau elemen api dari Amber digabungkan serangan elemen dari Razor/Lisa yang menghasilkan ledakan ‘overload’ sebagai kerusakan tambahan.
Begitu terus, dan terus. Ditambah lagi waktu itu belum paham mekanisme game, leveling dan sebagainya. Maka cara mainnya ya itu-itu saja.
Namun setelah mendapatkan Qiqi & Yanfei, struktur party berubah menjadi seperti ini
- Razor (sebagai penyerang utama, serangan kombinasi elemen)
- Yanfei (sebagai pembantu penyerang, serangan kombinasi elemen)
- Qiqi (sebagai penyembuh atau healer)
- Traveller (sebagai pembantu penyerang, karena skill angin dapat membantu menarik/mengumpulkan musuh dan penggabungan elemen lain)
Belum lagi setelah mendapatkan Eula dalam event banner karakter re-runnya. Formasi berubah menjadi seperti ini,
- Eula (sebagai penyerang utama)
- Yanfei (sebagai pembantu penyerang)
- Xingqiu (sebagai pembantu penyerang, sekaligus healer)
- Traveller (sebagai pembantu penyerang)
—
Dengan mendapatkan karakter Keqing ini, maka aku bisa sedikit mengkalkulasikan untuk banner kedepannya setelah Itto. Dikarenakan informasi dari live stream Genshin Impact beberapa hari yang lalu menyampaikan tentang adanya event karakter yang di-rerun kembali. Kalau tidak salah, ada tiga karakter. Yakni Zhongli, Ganyu, dan Xiao.
Dari mendapatkan karakter ‘Keqing’ di banner Itto. Dapat dikatakan saya terkena ‘rate off’. Namun, itu bukan masalah yang besar. Dikarenakan ketika banner nanti, mekanisme penarikan karakternya sudah ‘rate on’. Sehingga ketika nanti aku menarik (pull) karakter di banner selanjutnya. Maka sudah dapat dipastikan, karakter *5 yang didapat adalah sesuai dengan karakter yang dipromosikan.
Terlepas dari ‘rate off’ tersebut. Aku merupakan pemain yang belum banyak memiliki karakter, jadi ya… lumayan hehe.
0 komentar:
Posting Komentar