Materi Perpustakaan & Kepustakawanan (P3) - Ilmu perpustakaan sebagai tinjauan lingkup pustaka


Ilmu Perpustakaan sebagai tinjauan PUSTAKA.

Materi ini harusnya pada pertemuan kedua. Karena ini terjadi dipertemuan ketiga.

Objective: diharapkan mahasiswa prodi ilmu perpustakaan dapat memahami secara pustaka(ilmu) akan perpustakaan secara mendalam.


Adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan atau karya rekam secara professional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian. (UUD RI Nomor. 43 Tahun 2002)

Definisi kepustakawanan / librarianship, penerapan pengetahuan (dalam lingkup ilmu perpustakaan) hal pengadaan, penggunaan serta pendayagunaan buku. (dalam arti luas)

Kepustakawanan Indonesia termasuk bagian dari proses merajut sosial.



Dalam konflik sekarang. Dilanda dengan ketidakjelasan ilmu perpustakaan. Karena seorang yang ingin menjadi ketenaga kerjaan perpustakaan cukup dengan pelatihan. Jadi tidak perlu dengan belajar serius sampai S1. Lantas bagaimana dengan prodi Ilmu Perpustakaan?

Kebanyakan dizaman sekarang ataupun masa lampau. Perpustakaan yang ada di Indonesia, hampir 60% yang mengelolah itu bukan dari jurusan ilmu perpustakaan itu sendiri. Lantas mengapa begitu? Karena paradigma akan perpustakaan masih kuno atau terlalu teknis.

Mengapa saya katakan teknis?

Sekarang saya tanya. Apa itu perpustakaan? Dan apa hal yang kamu ketahui tentang perpustakaan?

Mayoritas jawaban akan menjawab mengenai suatu tempat yang penuh akan buku. Bangunan gedung yang didalamnya tertata rak-rak rapi. Penuh buku dan hal-hal objektif benda yang lainnya. Ya, itu memang benar. Saya tidak mengatakan itu adalah hal yang keliru. Akan tetapi jawaban tersebut termasuk dalam lingkup teknis. Yang semua orang mungkin berkompeten dalam hal tersebut. tidak semua.

Sekarang merujuk pada ilmu perpustakaan. Beberapa mayoritas mungkin menjawab mengenai perpustakaan yang kedepannya adalah menjadi seorang penjaga perpus. Seseorang yang mana menata buku, mengatur buku dan hal fisik apapun seperti buku dan teknis lainnya. Bisa saya katakan pemikiran dengan jawaban tersebut adalah sama dengan pemikiran seseorang yang menjawab dengan lingkup teknis.

Lalu apa bedanya mahasiswa lulusan prodi ilmu perpustakaan dengan seorang biasa yang ingin bekerja di perpustakaan dengan modal pengetahuan standar?


Semua berawal dari kata “Pustaka” yang kemudian berkembang menjadi macam pengertian.
Ø  Perpustakaan
Ø  Kepustakawanan
Ø  Pustaka
Ø  Pustakawan
5 hal termasuk pustaka itu saling berkaitan. Dan saling ketergantungan karenanya.


Materi lebih lengkapnya bisa diunduh file .docx (LINK)

CONVERSATION

0 komentar: