Al Qur'an Hadits 1


Materi dalam pertemuan pertama. Perkenalan seperti biasanya. Dikarenakan semester satu yang masih permulaan. Sekalipun setelah perkenalan terkadang belum semua mengenal satu sama lain. :v

Pertemuan perdana ini Beliau menceritakan perjuangan hidupnya dalam menempuh program studi yang kebanyakan diraih dengan fasilitas beasiswa. Beiau sendiri lulusan pesantren dan mondok sangat lama. Sangat pantas bila kami perlu menghormati dan mengharap akan turun berkah ilmunya dari tirakat Beliau yang luar biasa.

Beliau mengajar menjadi Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Itupun beliau tidak menganggap bahwa mengajar atau menjadi dosen adalah suatu pekerjaan. Kembali lagi karena ketulusan hati beliau dalam mengajar mencerdaskan anak bangsa yang kelak akan jadi agen perubahan yang lebih baik.

Ahli dalam bahasa arab dan sanak saudara keturunannya. Seperti tata literatur bahasa arab. Karena beliau sudah terbiasa mengajar pelajaran nahwu dan shorof. Yang ibarat dalam dunia pesantren, konon 2 fan ilmu bahasa arab tersebut terkadang sulit dipahami dan memerlukan waktu mondok yang cukup lama demi meladeni menghafal mengerti betul akan fan disiplin ilmu tersebut.

Dalam pengajaran beliau sempat menjelaskan kalau Kiai itu ada 2 tipe.

Yang pertama. Adalah Kiai mimbar. Menurut istilah Beliau, Kiai tersebut adalah Kiai yang mana sering tampil atau sering terlihat dalam masyarakat lingkup luas lebar. Sering berceramah sana-sini. Menyampaikan mauidoh hasanah yang penuh makna berkah di suatu tempat religi.

Yang Kedua. Adalah Kiai dampar. Menurut istila Beliau, Kiai yang satu ini bertipe tidak begitu terlihat dalam masyarakat luas lebar. Jadi hanya dikenal lingkup sendiri. Masyarakat kecil. Kalaupun mengajar, itupun tidak meninggalkan tempat tinggalnya. Istilah mudahnya adalah mengajar dalam lingkungan sendiri.

Beliau menggunakan metode pembelajaran dalam kuliah ini adalah para mahasiswa dituntut untuk aktif, begitu pula dengan Beliau yang turut ikut aktif dalam sesi jam sks. Jadi, selesai menyampaikan materi yang sesuai jadwal pertemuan. Maka beliau akan memberikan kesempatan para mahasiswa untuk berdiskusi dan membahas materi yang sudah diterangkan. Satu kelas membernya akan dibagi beberapa kelompok yang sesuai. Waktu diskusi dimulai.

Beliau akan mengamati satu sama lain kelompok. Bilamana dalam kelompok tersebut terlihat mendapat masalah maka Beliau akan terbuka bila ada pertanyaan mengenai sesuatu yang dipermasalah bingungkan.

Jadi, mahasiswa diharuskan aktif dalam berdiskusi. Menyimpul sampaikan apa yang diterangkan oleh Dosen. Dan mempunyai buku pegangan mengenai yang dibahas. Judul apapun. Yang terpenting tema atau yang dibahas sesuai dengan buku tersebut. Boleh bersumber dari beberapa sumber. Dari internet sekalipun dibolehkan. Hanya saja kevalidan sumber tersebut mahasiswa yang menelisik.


CONVERSATION

0 komentar: