Photo by charlesdeluvio on Unsplash |
Secara
tidak sadar hidup di zaman sekarang tidak bisa terlepas dari interaksi dengan
komputer. Entah berkaitan dengan informasi atau sekedar komunikasi. Salah satu
alasan kenapa hari ke-13 dalam tantangan menulis selama 30 hari membahas
tentang IKM (Interaksi Manusia & Komputer) karena ada tugas essai, jadi ya—
sekalian saja dikembangkan idenya menjadi post hehe. Selamat membaca!
Interaksi manusia dan komputer termasuk disiplin ilmu yang membahas tentang hubungan antar manusia dan komputer pastinya. Cakupan pembahasannya beragam, namun tetap fokus pada manusia dengan komputer. Intinya pembahasan pasti ada objek yang disebut ‘manusia’ sebagai pelaku atau komunikan. Berikut pembahasan disiplin ilmu interaksi manusia & komputer:
- Perancangan
- Evaluasi
- Implementasi antarmuka komputer
Semua
pembahasan tersebut dilakukan dengan tujuan agar pengguna dapat menggunakan
komputer dengan mudah. Ibaratnya kita sebagai user dapat berinteraksi/menggunakan
ponsel atau laptop dengan mudah tanpa ribet harus membaca tutorial sana-sini.
Salah satu contohnya adalah tampilan antarmuka komputer yang mudah, jelas,
tidak bertele-tele —ya setidaknya yang bertele-tele disembunyikan,
sehingga pengguna ‘awam’ tidak harus mengetahui prosesnya atau apa saja data
yang sedang diolah. Karena membuat pengguna/user menjadi bingung atau
malah malas menggunakan ‘ribet’.
Interaksi manusia dengan komputer merupakan perantara sebagai masukan-proses-keluaran. Bahasa Inggrisnya sebagai berikut,
- Input
- Process
- Output
Tiga tahap
tersebut memiliki jalan, prosedur cara penggunaan yang berbeda-beda. Pada
disiplin ilmu ini fokus membahas pada input dan output, untuk proses… ada
disiplin ilmu yang lain. Karena lebih kompleks pastinya.
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash |
Interaksi
manusia dengan komputer memiliki kaitan erat dengan tampilan antarmuka, bahasa
Inggrisnya → user interface, merupakan produk yang menjembatani sistem
dengan pengguna (user) atau sebaliknya. Dari UI (user interface) pengguna dapat
berinteraksi untuk melakukan suatu hal sesuai yang diinginkan. Biasanya
tampilan antarmuka akan didesain jelas lagi semenarik mungkin dengan tujuan
pengguna dapat menggunakan tampilan sebagai ‘interaksi’ tersebut dengan mudah
tanpa ada rasa bingung.
Kembali lagi ke pembahasan IKM, cakupannya tidak melulu ke UI (User interface), karena praktiknya kita setiap hari berinteraksi dengan komputer hampir setiap saat. Apalagi zaman sekarang rata-rata sudah memiliki smartphone, sehingga informasi atau komunikasi dapat mudah berjalan tanpa adanya halangan kapan pun di mana pun.
Dari cara kita menggunakan ponsel untuk berkirim pesan, bermain, membaca berita… apapun itu, hal tersebut merupakan contoh dari interaksi manusia dengan komputer. Smartphone pada dasarnya termasuk komputer, namun dengan ukuran yang portabel, slim/ringkas mudah dibawa ke mana-mana. Termasuk IKM karena praktiknya sudah memenuhi komponen akan IKM. Yakni,
- Manusia → pengguna/user yang memakai komputer/hp/sistem tersebut. Memiliki karakter yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan/keinginan menggunakan komputer/hp/sistem
- Komputer → peralatan elektronik yang digunakan
- Interface → proses bagaimana manusia dengan komputer berinteraksi antarmuka yang ada dalam komputer/hp/sistem,
Selagi tiga
komponen tersebut ada, maka praktik/kegiatan/aktivitas yang dilakukan termasuk
interaksi manusia dengan komputer.
Photo by NordWood Themes on Unsplash |
Catatan, interaksi dengan komputer tidak harus tertuju pada komputer atau ponsel secara sempit. Tidak. Melainkan komputer diartikan secara meluas, yakni sistem atau suatu barang elektronik. Berikut contoh aktivitas sehari-hari yang terlibat interaksi manusia-komputer,
- Manusia menggunakan hape untuk mengirim pesan
- Manusia menggunakan printer untuk mencetak dokumen
- Manusia menggunakan kamera untuk menangkap gambar
- Manusia menggunakan keyboard untuk mengetik melalui komputer
- … dan masih banyak lagi.
Praktiknya
ada bejibun-banyak. Dari post ini memberikan pengetahuan bahwa kita setiap hari
berinteraksi dengan komputer. Bahkan sekarang pembaca yang kebetulan sedang
mengunjungi situs blog ini melalui smartphone/laptop/komputer … itu
sudah termasuk kegiatan berinteraksi dengan komputer.
Ibaratnya
kita tidak mengetahui bagaimana prosesnya situs yang aku tulis di kos bisa
sampai ke internet kemudian dapat dibaca oleh pengunjung. Begitu juga
sebaliknya, aku juga tidak mengetahui bagaimana proses pengolahan huruf yang
aku ketik melalui keyboard di laptop masuk menjadi huruf dalam aplikasi ‘Word’,
kemudian di-publish ke blog. Ya, simpelnya begitu.
Hari ke-13 selesai,
dengan total 600 kata. Ditulis dengan tergesa-gesa, karena tahu-tahu sudah jam
sepuluh malam. Untungnya masih ada beberapa informasi yang aku baca kemarin
malam tentang ‘Interaksi Manusia dengan Komputer’, guna menulis tugas esai di
salah satu mata kuliah.
—
Berikut
referensi yang aku gunakan,
Pengertian Interaksi Manusia Dan Komputer (IMK) : Konsepnya (dosenpendidikan.co.id)
Apa itu User Interface? Yuk Lihat Pengertian dan Contohnya di Sini.. (niagahoster.co.id)
0 komentar:
Posting Komentar