Kurang Luweh. maksudnya?


Kurang Luweh. Mungkin untuk masyarakat jawa. Istilah ini sedikit familiar karena sering dipakai untuk menenangkan jiwa dikala persahabatan atau kisah alur pertemanan yang kebetulan sedang rumit atau sedang perbedaan pendapat.


Kalau di bahasa indonesia-kan. Kurang Luweh artinya Kurang Lebih. Ya tidak kurang tidak lebih. Itu kalau diartikan secara literal asli dan tidak ada tafsiran. Alias arti dengan murni. Sekarang bagaimana kalau terjun dalam ke bahasa jawa’an?

Jangankan “kurang luweh”. Contoh yang saya ambil dari google (karena kalau memikirkan sendiri mungkin akan menyebabkan ide yang sudah terproyeksi dalam diri otak akan hilang), konco kentel. Kalau diartikan secara literal teman kental. Lalu tidak bisa secara literal diartikan demikian. Teman yang kental? Wait, what does mean? I didn’t get it. Beda lagi kalau diartikan secara falsafah ke bahasa jawa-an. Teman yang kental diibaratkan benar-benar lengket sehingga kemana-mana itu selalu bersama. Istilah mudahnya adalah sahabat.

Sekarang kurang luweh. Dalam artian saya sendiri yang saya dapatkan dari berbagai macam nasehat serta peristiwa kehidupan yang saya alami. Menyimpulkan kalau kurang luweh itu memiliki arti sikap seperti lebih mirip seperti toleran. Entah mungkin tidak mirip, tapi saya sendiri bingung menjelaskannya dalam bentuk bahasa indonesia. Karena istilah kurang luweh ini mungkin memang dikhususkan untuk bahasa jawa sendiri. Kalau kalian mendapatkan istilah indonesia yang lebih mudah. Tolong masukkan ke kolom komentar. Barang kali dapat membantu pembaca yang lainnya dalam memahami pengertian kurang luweh secara bahasa.

Sikap yang mirip seperti toleran ini. Diibaratkan, seperti mengerti satu sama lain. Misalnya mengerti akan sikap pasangan atau sahabatnya yang kadang bertentangan atau kadang tidak disukai oleh kita sendiri. Jadi gampangnya kita berusaha untuk memaklumi akan sikap sahabat/teman/pasangan kita. Biasanya ini akan terjadi ketika masa-masa pernikahan. Karena itu ketika hendak menikah, hendaknya di usia yang memang matang dan memang masanya untuk menikah. Maksudnya usia yang benar-benar matang. Matang dalam artian dapat mengontrol jiwa emosi serta psikologis lainnya.

Begitu juga dengan sikap kurang luweh. Orang yang telah terbiasa dengan sikap kurang luweh dengan teman atau komunitasnya. Mungkin ia akan berhasil dalam berorganisasi dan akan banyak dikenal baik oleh komunitasnya. Karena sikap memaklumi itulah yang jadi kekuatan baginya untuk mendapatkan banyak teman.

Karena tidak semua teman itu memiliki kepribadian yang sesuai dengan kita. Mungkin ada satu atau dua bahkan lebih banyak lagi yang kadang bagi kita itu paling enggak suka. Bahkan membencinya. Dan jangan lupa, nggak semua teman itu mau memaklumi kepribadian kita. Mungkin aja kelihatannya happy-happy gampang saja. tapi entah, bagaimana kalau dalam lubuk hati mereka memendam rasa tidak suka. Bukannya mengajak untuk berpra-sangka buruk. Tapi boleh-kan untuk mengaca sejenak. Mungkin saja teman kita yang selalu happy kalau bergaul dengan kita itu sudah menata hati perasaannya untuk memaklum akan sifat kita.

Jadi. Kesimpulan dari sikap kurang luweh.

Adalah memaklumi sikap atau perilaku dari teman atau sahabat atau suatu komunitas yang kadang menurut kita itu bertentangan. Karena tidak semua perselisihan yang dilerai dengan cara debat itu berakhir dengan baik atau damai. Kalau memang rasanya tidak suka dan tidak ingin berdebat, karena kadang dengan berdebat itu biasanya ada dari dua belah pihak yang tidak terima dan berakhir dengan putusnya persahabatan atau pertemanan. Maka dari itu. ketika dalam keadaan seperti ini. Karena saya pernah mengalami ini. Pilihan sikap untuk diam. Untuk sementara adalah yang terbaik.

Ada beberapa keterangan yang menjelaskan kalau istilah kurang luweh itu tidak hanya dalam lingkup seperti memaklumi sikap atau tingkah seorang teman atau komunitas yang bagi kita bertentangan. Tapi ada keterangan yang menjelaskan ada arti lain atau tafsiran lain. mungkin bisa saya jelaskan, tapi kalau melalui media blog seperti ini mungkin sedikit ada kendala. Tapi saya akan berusaha untuk memaparkan penjelasannya lebih lengkap melalui web blog kecilan ini.

CONVERSATION

0 komentar: